Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) Kabupaten Banjarnegara

informertop-surat-elektronik

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara baru saja melakukan perubahan dalam menerapkan teknologi sistem administrasi kepemerintahan khususnya persuratan. Teknologi tersebut bernama Tata Naskah Dinas Elektronik ( TNDE ) yang dapat di akses melalui alamat resminya yaitu http://tnde.banjarnegarakab.go.id.

TNDE adalah sistem atau website yang digunakan untuk mengirim surat antar instansi pusat maupun instansi lokal. Bila satu instansi akan mengirimkan surat ke instansi pusat atau instansi lain, kini tidak perlu datang langsung atau menggunakan kurir, karena dengan TNDE ini bisa langsung mengirim dengan memilih nama instansi tersebut dalam daftar nama instansi yang sudah tersedia. Begitupula apabila instansi pusat akan mengirimkan surat ke berbagai instansi, mereka hanya perlu memilih opsi yang sudah disediakan, cukup satu kali kirim sudah dapat diterima oleh banyak instansi sekaligus, sehingga akan memudahkan informasi dari instansi satu ke instansi lain dengan waktu yang lebih efisien.

Dengan diresmikannya TNDE tersebut, diharapkan sistem persuratan disemua dinas instansi pemerintah tidak ada lagi keterlambatan, karena surat bisa langsung terkirim dalam satu kali perintah. Tentunya, kesuksesan TNDE harus mendapat dukungan dari semua pihak, baik dari staff maupun pimpinan semua kantor dinas pemerintah, agar dapat mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sistem surat elektronik ini, diterapkan untuk mendukung penyelenggaraan administrasi pemerintah yang efektif dan efisien, sesuai dengan semangat reformasi birokrasi. Karena selama ini, dalam hal persuratan masih sering terjadi keterlambatan pengiriman, mengingat surat dikirimkan masih menggunakan tenaga kurir atau tenaga manusia. Namun, setelah dilakukan dengan sistem elektronik tersebut, sistem manual juga masih dilakukan mengingat belum semua kantor dinas pemerintah tersentuh atau memiliki jaringan akses internet.

Semoga dengan adanya TNDE ini, semua pelayanan masyarakat akan semakin meningkat, dan sistem administrasi pemerintahnya pun akan semakin mudah dan efisien
Share on Google Plus

About Admin

Blogger Newbie "Top Info"
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment