Kebakaran Hutan Gunung Lawu

kebakaran-gunung-lawu

Pada musim kemarau tahun ini, Indonesia mendapatkan sebuah dampak yang cukup besar, selain di beberapa kota dan daerah kecil lainnya yang mengalami kekeringan akibat kemarau yang cukup panjang di tahun ini, juga banyak sekali terjadi kebakaran hutan seperti yang sedang ramai dibicarakan di Indonesia yaitu kota kalimantan, sumatra dan masih banyak lagi daerah kecil disekitarnya.

Dan yang paling baru yaitu kebakaran hutan yang melanda Gunung Lawu. Kebakaran yang menurut informasi terakhir sudah memakan korban beberapa pendaki gunung lawu sudah mencapai 50 orang. Dari informasi yang menyebar, bahwa petugas yang berjaga di daerah tersebut, masih ada 17 korban lainnya yang diperkirakan naik pada Minggu subuh kemarin.

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa ditemukan 7 orang pendaki yang tewas, dan ada dua pendaki lain yang dalam kondisi kritis namun sudah berhasil di evakuasi oleh tim SAR. Dari korban lain yang masih dalam pencarian, mereka diduga mendaki dari jalur yang berbeda sehingga tidak mengetahui adanya kebakaran hutan.

Gunung lawu sendiri mempunyai dua jalur pendakian utama yaitu jalur Cemoro Kandang ( melalui karanganyar) dan jalur Cemoro Sewu ( melalui magetan), selain jalur besar tersebut, masih banyak lagi jalur alternatif lain, diantaranya jalur Candi Cetho.

Kebakaran diperkirakan terjadi pada beberapa titik yang ada di jalur pendaki Cemoro Sewu pada sabtu siang yang diakibatkan dari sisa-sisa api unggun yang tidak dimatikan secara sempurna. Kebiasaan para pendaki yang membuat api unggun tersebutlah yang sering sekali memicu kebakaran hutang. Sehingga sangat dihimbau bagi para pendaki gunung agar senantiasa menjaga keamanan hutan dari kebakaran atau kerusakan lainnya sehingga gunung-gunung atau tempat wisata lain selalu terjaga kelestariannya.


Kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi...??
Share on Google Plus

About Admin

Blogger Newbie "Top Info"
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment